5 Manfaat Menceritakan Kisah Nabi pada Anak

Punya anak yang mengambil suri tauladan dari kisah nabi dalam Al-Qur’an merupakan kebanggan bagi orang tua muslim. Dukung buah hati tercinta Anda dalam mengenal nama-nama nabi dan mengetahui seluruh kisahnya dalam kitab suci atau menggunakan media lain. Anda bisa membeli buku cerita bergambar sebagai media pendongeng anak yang berkualitas, ya!

Manfaat membacakan kisah nabi-nabi

Jika anak sudah bisa membaca huruf alfabet, sebaiknya damping si kecil belajar nama-nama nabi dengan membaca buku secara mandiri. Sebaliknya, Anda bisa membacakan kisah nabi untuk anak yang belum bisa membaca sebelum ia pergi tidur malam hari. Artikel Islami merangkum 4 manfaat membacakan kisah nabi-nabi sebelum anak tidur berikut :

  • Menjelaskan fakta terdahulu

Pada kisah nabi yang tertulis dalam Al-Qur’an bisa menjelaskan fakta atau kejadian pada masa lampau. Perjalanan hidup nabi, segala cobaan, rahmat, dan mukjizat yang dimiliki merupakan bagian penting yang harus diketahui anak Anda.

  • Belajar berpikir

Anak yang senantiasa membaca atau Anda dongengkan kisah nabi-nabi sebelum tidur akan memiliki daya pikir yang lebih baik. Pasalnya, ia akan belajar berpikir tentang kejadian benar dan salah dalam sebuah kisah. Anak bisa mengambil pesan moral dalam kisah nabi tersebut, lalu mencontoh teladannya dalam menghadapi cobaan atau rintangan selama berdakwah di jalan Allah SWT.

  • Sebagai peringatan 

Bahwa dalam kisah nabi terdahulu disebutkan tentang azab yang pedih untuk orang-orang yang lalai. Nabi memiliki kaum yang beriman dan durhaka pada Allah SWT sehingga mendapat balasan setimpal sesuai amal perbuatan masing-masing. Kisah ini akan memberikan peringatan pada anak sejak dini bahwa apa yang ada dalam firman Allah SWT adalah benar. 

  • Menciptakan ketenangan 

Memahami kisah-kisah nabi akan memberikan ketenangan dan kenyamanan dalam menjalani kehidupan sehari-hari. Anak akan berusaha meneladani sikap para nabi dan rasul Allah SWT sehingga bisa memberikan kedamaian dalam hati. Anda membantu si kecil memiliki sikap yang lebih tekun dan saleh atau saleha sejak usia dini. 

  • Ilmu pengetahuan 

Kisah dalam Al-Qur’an merupakan kebenaran yang telah ada sejak lebih dari 1400 tahun silam. Dalam Al-Qur’an telah disebutkan dengan rinci mengenai kejadian pada masa terdahulu yang terbukti kebenarannya. Misalnya bangsa Sodom yang diperingatkan oleh Nabi Luth akhirnya terkena azab Allah SWT bisa ditemukan bukti-bukti sejarah tersebut. Sebuah ilmu pengetahuan dan wawasan yang bisa menjadi pembelajaran kehidupan. 

Nah, kini Anda bisa mencoba membacakan kisah nabi-nabi pada anak sejak usia kecil. Ajarkan nama-nama nabi pada anak sejak ia mulai bisa berbicara lewat lagu, video animasi dan buku cerita yang bermanfaat mulai sekarang, yuk! Jika menceritakan kisah nabi, pastikan memakai bahasa anak yang mudah dipahami daya tangkap si kecil, ya!