Apa Itu electric winch? Simak penjelasannya!

Dalam dunia industri, melihat benda-benda dengan ukuran besar dan berat merupakan pemandangan yang biasa. Untuk mengangkat benda-benda dengan yang bermuatan berat, tentu tidak bisa dilakukan oleh manusia. Oleh karena itu, dibutuhkan alat bantu yang dinamakan electric winch.

Alat Electric Winch

Untuk mengangkat benda-benda berukuran besar dan berat, Anda membutuhkan alat yang bernama electric winch. Alat ini dapat digunakan untuk mengangkat atau menarik benda dengan posisi vertikal atau horizontal.

Alat ini tersusun dari tali yang terpasang pada sebuah tabung dan tersambung ke motor yang berputar ke depan dan belakang. Untuk melakukan kerja, alat ini menggunakan daya listrik dengan sambungan AC atau DC.

Keunggulan Yang Dimiliki Winch Elektrik

Menggunakan winch elektrik tentu akan sangat memudahkan Anda melakukan pekerjaan untuk mengangkat benda-benda dengan bobot berat. Winch dengan merk jual terbaik biasanya memiliki kelengkapan wire rope berupa hook dan latch.

Dengan kelengkapan tersebut, akan memudahkan Anda mengaitkan beban pada winch dan mencegah agar beban tidak mudah lepas saat sedang dipindahkan. Selain itu, ada beberapa keunggulan winch elektrik yang perlu diketahui:

  • Mudah digunakan, karena cukup memasang dengan baut pengunci
  • Cocok dipakai pada semua aplikasi yang membutuhkan peralatan otomatis
  • Gulungan cepat
  • Dilengkapi tali wire rope
  • Pilihan voltase bisa disesuaikan dengan kebutuhan
  • Dapat digunakan dalam kondisi apapun, karena tahan air
  • Mudah dikontrol, karena memiliki remote dan sistem pengereman untuk mengontrol tali

Macam Varian Winch Elektrik

Winch elektrik memiliki beragam jenis varian berdasarkan kapasitas penarikan atau pengangkatan beban yang bisa dilakukan. Jadi, Anda bisa menyesuaikannya sesuai kebutuhan. Kapasitas pengangkatan beban oleh winch elektrik mulai dari 1 ton, 2 ton, 3 ton, hingga 10 ton. Selain itu, terdapat juga variasi tonase pada winch elektrik.

Selain itu, terdapat variasi panjang wire rope yang dimiliki winch elektrik mulai dari 70 meter hingga 200 meter, bergantung pada kapasitas pengangkutan beban. Diameter wire rope juga berbeda mulai dari 6 mm hingga 19,5 mm bergantung ukuran tonase.

Harga Winch 3 Ton 

Jenis winch elektrik beragam, harga winch 3 ton dengan 1 ton tentu berbeda. Perbedaan harga winch ini tergantung dari seberapa berat kapasitas pengangkutan beban, wire rope, dan jenis komponen penggunaan bahan.

Harga winch 3 ton tentu dibanderol lebih murah daripada winch 5 ton atau 10 ton karena kapasitas pengangkatan yang tidak terlalu besar, sehingga working load limit lebih rendah. Winch 5 ton atau 10 ton memiliki working load limit yang lebih tinggi daripada winch 3 ton.

Ketahui lebih jauh harga winch 3 ton disini  beserta varian winch yang lainnya. Anda pun tidak perlu khawatir. Pasalnya mutu dari alat yang dijual ini sudah terjamin. Dengan begitu, pekerjaan pun akan lebih mudah dan cepat selesai.