Beda Warna Buah Naga, Ternyata Juga Beda Manfaatnya

Buah naga dapat memberikan rasa segar ketika dikonsumsi, baik dimakan secara langsung maupun dibuat bahan minuman atau makanan. Seperti buah pada umumnya, buah naga juga mempunyai kandungan yang baik untuk menjaga kesehatan tubuh, sehingga dengan mengonsumsinya secara tepat dapat memberikan manfaat kesehatan. Buah naga sendiri mempunyai warna buah di dalamnya yang berbeda apabila diperhatikan. Hal tersebut bukan tidak ada artinya, karena setiap warna daging berbeda tersebut juga terdapat kandungan yang berbeda sehingga menawarkan manfaat yang juga berbeda. Untuk lebih mengenal mengenai manfaat buah naga dari warnanya, akan dijelaskan lebih lanjut di bawah ini.

Buah Naga Putih

Jenis pertama yang bisa dijumpai adalah buah naga yang dagingnya mempunyai warna putih. Buah ini mempunyai kadar kolesterol yang rendah, sehingga bagus dikonsumsi untuk menjaga kesehatan jantung dan pembuluh darah. Buah naga putih juga mempunyai kandungan serat yang tinggi, seperti yang telah diketahui kandungan serat baik untuk menjaga kesehatan saluran pencernaan. Mengonsumsi buah naga putih juga membantu untuk menjaga berat badan maupun tekanan darah. Terakhir, manfaat buah naga putih juga dapat menjaga kesehatan tulang karena terdapat kandungan kalsium dan kalium yang ada di dalamnya.

Buah Naga Warna Merah

Jenis buah naga yang paling terkenal adalah yang mempunyai daging warna merah. Buah naga merah ini mempunyai kandungan vitamin A dan karoten yang tinggi di dalamnya. Keduanya bermanfaat untuk menjaga kesehatan mata, sebagai sumber antioksidan untuk menjaga imun tubuh, dan juga kaya akan mineral. Buah naga dengan daging warna merah ini mempunyai kandungan mineral beragam seperti fosfor, mangan, besi, dan magnesium yang dapat meningkatkan metabolisme tubuh.

Buah Naga Hitam

Warna buah naga selanjutnya yang bisa ditemui adalah yang mempunyai warna daging hitam atau keunggu-unguan. Warna ini juga mempunyai kandungan beta karoten yang kaya di dalamnya, sehingga baik untuk menjaga kesehatan mata. Buah ini juga mempunyai kandungan antioksidan yang dapat membantu menjaga kesehatan dengan meningkatkan imun tubuh dan efektif untuk mencegah kanker. Buah naga hitam juga terdapat kandungan vitamin E yang bagus untuk kesehatan kulit, sedangkan zat besi didalamnya bagus untuk membentuk sel darah merah.

Buah Naga Kuning

Jenis buah naga terakhir bukan warna dagingnya yang berbeda, tetapi warna kulitnya yang tidak sama seperti buah naga umumnya. Buah naga kuning mempunyai kulit yang berwarna kuning, sedangkan daging buahnya mempunyai warna putih. Jenis buah ini mempunyai kandungan lemak tak jenuh sehingga bagus untuk menjaga kesehatan jantung, menurunkan kadar kolesterol jahat, dan menurunkan tekanan darah tinggi. Warna buah naga ini juga mempunyai kandungan vitamin C tinggi yang baik untuk menjaga daya tahan tubuh, menjaga kesehatan kulit, dan regenerasi sel. Jenis ini juga terdapat kandungan serat pangan tinggi yang dapat membantu menjaga kesehatan pencernaan lebih baik hingga mengeluarkan racun yang ada di dalam tubuh.

Dari manfaat berbagai buah naga seperti di atas, maka Anda bisa memilih jenis dari warna buah naga yang sesuai dengan kebutuhan. Tetapi pada dasarnya setiap buah naga baik buah naga merah, buah naga putih, buah naga kuning, maupun buah naga hitam tetap memberikan manfaat kesehatan apabila dikonsumsi. Untuk jenis buah naga yang paling mudah ditemukan sendiri adalah buah naga dengan daging warna merah, putih, dan ungu. Jenis tersebut bisa dibeli dengan mudah dari TaniHub secara online.