Biaya Melahirkan Normal dan Caesar, Ternyata Segini!

Dua metode persalinan yang paling banyak digunakan di Indonesia adalah persalinan normal dan caesar. Selain dua metode ini sebenarnya masih ada metode persalinan lain seperti water birth, gentle birth, dan lain-lain.

Namun mana yang lebih baik diantara kedua metode persalinan ini dan berapa biaya melahirkan normal atau caesar? Nah berikut ini akan kami jelaskan tentang biaya persalinan normal dan caesar beserta kondisi-kondisi yang mengharuskan persalinan secara caesar.

Biaya Melahirkan Normal dan Caesar

Berikut ini adalah biaya yang dibutuhkan melahirkan secara normal dan caesar. Selain itu Anda juga bisa ketahui biaya melahirkan normal dengan menghubungi klinik KEHAMILAN SEHAT di websitenya.

1. Biaya Melahirkan Normal

Sebelum merencanakan kehamilan, sangat penting untuk ketahui biaya melahirkan normal terlebih dahulu supaya punya gambaran berapa biaya yang dibutuhkan. Biaya melahirkan setiap orang berbeda-beda tergantung banyak faktor. Contohnya adalah standar hidup, UMR kota, dan kelas kamar.

Untuk kelas kamar biasanya dibedakan menjadi empat kelas dari termahal ke termurah yaitu kelas III, II, I, dan VIP. Setiap kelas memiliki biaya persalinan yang berbeda-beda. Semakin tinggi kelas, semakin mahal pula biayanya namun semakin lengkapi fasilitas yang ada. Biaya melahirkan normal kelas III dimulai dari Rp3 jutaan. 

2. Biaya Melahirkan Caesar

Berbeda dengan biaya melahirkan normal, persalinan menggunakan metode caesar memerlukan biaya yang lebih banyak. Metode caesar membutuhkan tindakan operasi dan obat-obatan yang lebih banyak.

Selain itu, melahirkan dengan cara caesar membutuhkan waktu yang lebih lama dan diharuskan menginap selama 2-4 hari. Adapun untuk biaya persalinannya juga dibedakan berdasarkan kelas, mulai kelas III, II, I, dan VIP. Biaya persalinan caesar kelas III dimulai dari Rp5 jutaan. 

3. Kondisi Melahirkan Caesar

Metode melahirkan caesar merupakan teknik melahirkan bayi lewat pembedahan. Dalam persalinan normal, biasanya ibu hamil akan memilih menerima bius lokas supaya bisa menyaksikan proses persalinan. Namun jika kondisi darurat, dibutuhkan bios total ketika operasi caesar sedang dilakukan.

Berikut ini adalah beberapa kondisi yang mengharuskan seorang ibu harus melahirkan menggunakan metode caesar:

  • Ibu memiliki penyakit menular seperti herpes, hepatitis, atau HIV.
  • Komplikasi jantung, tekanan darah tinggi, atau diabetes.
  • Posisi janin sungsang.
  • Terdapat janin kembar.
  • Ukuran janin besar.
  • Suplai oksigen ke bayi berkurang.
  • Letak plasenta menghalangi jalan lahir.

Tips Perencanaan Biaya Melahirkan

Meskipun berencana melahirkan normal, Anda tetap harus mempersiapkan tabungan jika terjadi kendala dan diharuskan operasi caesar. Nah berikut tips merencanakan biaya persalinan:

  • Cari tahu opsi klinik atau rumah sakit yang nantinya akan dijadikan tempat melahirkan supaya mengetahui gambaran biaya melahirkan normal dan caesar.
  • Menabung mulai dari sekarang, jangan menunggu ibu hamil baru menabung.
  • Buatlah tabungan khusus hanya untuk melahirkan yang terpisah dari biaya kebutuhan lain.
  • Taruh uang di produk investasi yang berbunga lebih tinggi seperti reksadana atau deposito.
  • Pelajari produk asuransi yang menanggung biaya persalinan seperti BPJS Kesehatan.
  • Jaga kesehatan supaya proses persalinan berjalan lancar dan tidak terjadi komplikasi ketika bersalin yang mengakibatkan keluar biaya lebih banyak.