Cek Kondisi Eksterior Berikut Sebelum Beli Mobil Bekas

Ketika akan beli mobil bekas perlu untuk memperhatikan berbagai hal agar nantinya mendapatkan mobil dengan kondisi terbaik. Salah satu langkah yang penting adalah dengan mengecek kondisi eksterior atau body mobil bekas tersebut. Hal ini penting karena pengecekan kondisi bodinya dengan teliti dapat mengetahui mengenai riwayat mobil tersebut dan juga bisa menentukan estimasi harga mobil yang tepat. Sehingga jangan sampai terlewat untuk mengecek kondisi eksterior mobil secara detail seperti beberapa komponennya berikut ini:

1. Body mobil

Pengecekan pertama pada kondisi eksterior mobil tentunya ada body kendaraan. Periksa body mobil secara menyeluruh sehingga mengetahui apakah mobil tersebut pernah mengalami modifikasi atau tidak. Sebaiknya pilih mobil yang tidak mengalami modifikasi secara berlebihan baik dari struktur, warna, dan juga mesin mobilnya. Apabila mobil yang sudah dimodifikasi secara berlebihan biasanya akan bisa mengganggu mobilitas terutama yang tidak sesuai dengan kenyamanan dan hanya untuk menambah estetika penampilannya saja. Perhatikan kondisi komponen mobil yang diperbaiki dan tanyakan alasannya. Seperti biasanya apakah ada bekas tabrakan, bekas baret, dan lainnya yang menunjukkan mobil tersebut pernah kecelakaan. Lakukan pengecekan secara detail sehingga mengetahui kondisi body mobil sepenuhnya.

2. Mesin mobil

Kondisi selanjutnya yang perlu dicek ketika beli mobil bekas adalah dari mesin mobilnya. Komponen ini tentunya sangat penting yang mempengaruhi kualitas hingga harga mobil bekas yang akan dibeli tersebut. Apabila mesin mobil yang sering dirawat dan masih baik tentunya akan sangat layak untuk dibeli. Berbeda dengan mesin mobil yang tidak terawat yang juga akan mempengaruhi performa dari mobil tersebut. Pilih mesin mobil yang sering dirawat sehingga tidak ada pemandangan debu yang terlihat. Selain itu juga nyalakan mesin selama 5-10 menit dengan membuka kap dan dengarkan suaranya apakah masih halus atau tersendat. Anda bisa memilih mesin mobil bekas yang mempunyai fungsi masih baik dan warna asap yang menandakan mesin mobil tersebut sering terawat.

3. Aki dan suspensi mobil

Pertimbangan selanjutnya ketika akan membeli mobil bekas adalah dari aki dan suspensi mobil yang dipunyai. Pastikan memilih mobil bekas yang mempunyai aki dengan kondisi masih baik dan tidak soak. Caranya adalah dengan memilih mobil yang mempunyai lampu mobil dengan nyala terang. Sedangkan untuk suspensi mobil juga perlu dicek yang akan mempengaruhi kenyamanan ketika berkendara. Pilih suspensi mobil yang masih imbang dan tidak berayun-ayun yang menandakan suspensi mobil masih bagus.

4. Ban mobil dan kampas rem

Detail lainnya yang perlu diperhatikan adalah dari ban mobil bekas yang akan dibeli. Untuk bank mobil yang bagus sangat penting karena memengaruh keselamatan ketika berkendara. Sehingga pilih mobil bekas yang mempunyai ban mobil masih layak pakai. Selain itu untuk kampas rem mobil juga pilih yang bagus yaitu bisa dilihat dari cara kerjanya. Apabila masih pakem menandakan mobil tersebut mempunyai kampas rem yang masih banyak.

Atau bagi Anda yang tidak ingin repot untuk memeriksa berbagai hal di atas dan juga kurang mengerti mengenai cara memeriksa kondisi ketika beli mobil bekas dengan teliti, bisa untuk memilih tempat aman untuk membeli mobil.

Seperti membeli mobil bekas  di Moladin yang sudah mempunyai tim profesional yang melakukan inspeksi mobil sehingga bisa layak dijual. Hal tersebut bisa menguntungkan bagi Anda yang mencari mobil bekas bisa mengetahui kondisi mobil dengan lebih baik dan lengkap sehingga tinggal memilih dari kondisi harga yang sesuai budget.