Fakta tentang Infeksi Saluran Kemih

Infeksi saluran kemih (ISK) adalah salah satu jenis infeksi bakteri yang paling umum pada manusia. Wanita, khususnya, rentan terhadap ISK karena uretra mereka lebih pendek dan lebih dekat ke anus daripada pria, yang memudahkan kotoran bakteri untuk mencemari sistem saluran kemih. Gejala ISK termasuk nyeri saat buang air kecil, keinginan untuk buang air kecil lebih sering atau mendesak dengan sedikit air kencing yang keluar, dan darah dalam urin atau tinja. Dokter biasanya mendiagnosis pasien dengan ISK dengan menanyakan gejala-gejala ini dan melakukan tes pada sampel urin mereka, tetapi beberapa orang mungkin memiliki tanda-tanda yang tidak begitu jelas. Jika Anda mengalami gejala yang tidak biasa seperti demam lebih tinggi dari 100 derajat Fahrenheit (38 derajat Celcius), gemetar, menggigil atau sakit parah di perut Anda, Anda harus menemui dokter Anda sesegera mungkin.

Cefixime, juga dikenal dengan nama merek Suprax, adalah salah satu obat pertama yang akan diresepkan dokter jika terjadi infeksi saluran kemih. Cefixime merupakan antibiotik yang dapat melawan Escherichia coli (E. coli), Klebsiella pneumoniae dan Proteus mirabilis. Pasien tidak boleh menggunakan obat ini jika mereka alergi terhadapnya atau memiliki alergi terhadap antibiotik sefalosporin atau antibiotik penisilin lainnya.

Cefixime bisa Anda temukan di apotek terdekat dengan mendapatkan harga yang terjangkau. Harga Cefixime 200 mg 1 strip biasanya berkisar antara 16.000 rupiah sampai 30.000 rupiah.

Berikut fakta tentang infeksi saluran kemih:

1) ISK menyebar dengan mudah

Karena betapa mudahnya kotoran mencemari uretra, ISK sering menyebar dengan mudah di antara orang-orang. Anda bisa mendapatkannya dari dudukan toilet atau dengan melakukan kontak dengan seseorang yang memiliki infeksi terbuka.

2) Biasa terjadi pada anak-anak

ISK bukan hanya masalah bagi orang dewasa. Faktanya, mereka bertanggung jawab atas sebagian besar kasus demam pada anak di bawah usia 2 tahun dan berada di urutan kedua setelah infeksi telinga sebagai alasan utama mengapa anak-anak mengunjungi dokter mereka. Menurut NHS Choices, ISK lebih mungkin terjadi pada anak perempuan karena uretra mereka lebih pendek daripada anak laki-laki, tapi anak laki-laki juga bisa mendapatkannya.

3) Cefixime adalah pilihan antibiotik yang umum

Cefixime, juga dikenal dengan nama lain seperti Suprax dan Omnicef, adalah salah satu antibiotik pertama yang diresepkan dokter untuk mengobati infeksi saluran kemih. Ini membunuh bakteri yang menyebabkan ISK seperti Escherichia coli (E. coli), Klebsiella pneumoniae dan Proteus mirabilis. Pasien tidak boleh menggunakan obat ini jika mereka alergi terhadapnya atau memiliki alergi terhadap antibiotik sefalosporin atau antibiotik penisilin lainnya.

4) ISK harus segera diobati

Jika Anda mengalami gejala saluran kemih, jangan hanya mengabaikannya dan berharap mereka pergi. ISK, terutama pada anak-anak dan orang tua, dapat menjadi serius dengan cepat jika tidak diobati karena infeksi dapat menyebar ke bagian lain dari tubuh Anda. Anda juga harus segera menemui dokter jika Anda pernah mengalami infeksi saluran kemih sebelumnya dan kembali dengan gejala atau memburuk seiring waktu.