Inilah Alasan HR Training And Development Perlu Dilakukan untuk Individu Atau Perusahaan

HR atau Human Resources sering disebut sumber daya manusia merupakan salah satu yang penting dalam sebuah perusahaan. Seperti yang diketahui bersama bahwa dunia bisnis sekarang ini terus mengalami banyak perubahan dan perkembangan. Hal itu memunculkan banyaknya persaingan untuk mencapai target yang sudah ditentukan masing-masing. SDM sendiri bukanlah suatu alat produksi namun sebuah perusahaan sudah memposisikan tenaga kerja sebagai asset perusahaan yang tidak dapat disepelekan keberadaannya. Ibarat motor, SDM yang baik merupakan penggerak dalam dunia bisnis. Inilah kenapa penting untuk menyiapkan SDM dengan mengadakan HR training and development  pada perusahaan.

Berbagai bidang usaha posisi HR atau sumber daya manusia itu memiliki peran yang sangat penting serta strategis untuk mencapai visi dan misi perusahaan diawal penentuan. Karena secanggih apapun teknologi dan sistem operasional prosedur SOP IT sekalipun, tidak akan berguna dalam sebuah perusahaan tanpa adanya SDM yang handal dan profesional. Nah, ini kenapa maju tidaknya perusahaan dipengaruhi oleh tingkat kualitas tenaga kerja yang ada didalamnya bukan saja teknologi canggih. Untuk bisa mencapai tujuan perusahaan bersama, perusahaan harus selalu mengupdate kualitas pada masing-masing SDM.

Lebih diperhatikan lagi dalam sebuah perusahaan, selama penyediaan SDM yang baik tentu akan memberikan keberhasilan. Namun hal itu tidak akan terjadi ketika SDM tidak dibekali, ditangani atau dikelola secara maksimal. Yang ada hanya akan terjadi keluar masuk karyawan baru, membuat kasur keluar masuk lebih besar sehingga biaya perusahaan akan lebih banyak. Dimana tidak, proses untuk merekrut calon pegawai, melakukan program training sampai dengan biaya lain tentu perlu dana yang besar. Padahal jika SDM yang ada dikelola secara maksimal akan memberikan keuntungan bagi perusahaan untuk mengalihkan dana pada bagian operasional lainnya.

Peran penting bagian HRD atau GA menjadi sangat utama untuk menemukan SDM yang tepat sesuai dengan kualitas yang diincar. Karena cara nyata tugas dari bagian itu bukan hanya mencatat absensi, keluar masuk karyawan, jumlah karyawan atau berapa jam lemburnya saja. Lebih dari pada itu mereka harus mampu untuk mengelola dan menyiapkan SDM untuk menyambut masa depan yang lebih baik bagi perusahaan. Inilah yang menjadi alasan kenapa HR training and development itu penting dalam perusahaan. Ada beberapa keuntungan yang bisa didapatkan seperti:

  1. Menciptakan SDM yang lebih berkualitas, berkemampuan baik, ketrampilan bertambah.
  2. Menciptakan SDM yang lebih siap akan tantangan, resiko dan tantangan yang menghadang di depan.
  3. Menciptakan SDM yang lebih bisa mengatur kerja baik secara individu maupun secara berkelompok.
  4. Mampu menciptakan SDM yang terus mengembangkan karir sesuai dengan kemampuan dengan posisi yang tepat.
  5. Mampu mengembangkan perusahaan untuk mencapai tujuan dalam waktu yang lebih cepat.
  6. Mengoptimalkan tingkat kualitas dari setiap SDM untuk menduduki posisi terbaik di perusahaan.

Ada banyak usaha yang bisa dilakukan oleh perusahaan untuk mencapai beberapa keuntungan seperti diatas. Salah satunya dengan mengadakan HR training and development dengan suatu lembaga yang berpengalaman di bidangnya. Seperti pada Prasmul-ELI yang sudah berhasil menjadi tempat kursus dan training para individu yang mencari kerja atau SDM perusahaan menjadi lebih baik dan lebih berkembang lagi. Ditambah banyak sekali program yang mereka tawarkan dan bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan. Untuk informasi lebih lanjut bisa langsung hubungi Prasmul-ELI melalui chat online atau secara langsung.