Kalkulator DP Rumah Besar Atau Kecil

DP atau down payment merupakan salah satu hal yang perlu diperhatikan ketika akan membeli rumah impian. Besarnya DP tersebut juga akan mempengaruhi besaran cicilan yang dibayarkan secara rutin. Selain itu ketika akan menghitung besaran DP yang diberikan juga perlu memperhatikan kalkulator DP yang bisa untuk mendapatkan besaran DP sesuai dengan kemampuan yang dipunyai. Bagi yang masih bingung untuk mengambil KPR dengan DP besar atau kecil akan sangat tepat untuk menyimak poin-poin di bawah ini.

Ketika mengambil DP yang jumlahnya besar mempunyai beberapa keunggulan yang bisa didapatkan. Adapun keunggulan menyerahkan DP besar adalah:

  • Kelebihan utama dari DP dengan jumlah yang besar adalah dari cicilan bulannya yang akan lebih murah. Apabila DP yang dibayarkan sudah besar, maka hal tersebut membuat besaran cicilan yang akan dibayarkan yang merupakan biaya kekurangan rumah tersebut juga lebih kecil. Hal tersebut tentunya akan membuat Anda lebih mendapatkan besar cicilan yang murah dan bisa menghemat pengeluaran setiap bulannya.
  • Keunggulan selanjutnya adalah pengajuan KPR dengan DP lebih besar bisa membuat pengajuan tersebut akan lebih mudah disetujui oleh bank. Setiap KPR mempunyai minimal DP yang ditawarkan, sehingga apabila memberikan lebih dari minimal DP tersebut dapat membantu pengajuan KPR disetujui lebih mudah.

Akan tetapi untuk menyerahkan DP besar yang akan membantu untuk menghemat cicilan ini juga mempunyai kekurangan yang dipunyai. Sehingga kekurangan ini juga perlu diperhatikan ketika menghitung kalkulator DP yang diserahkan. Kekurangan DP besar adalah akan membutuhkan waktu relatif lebih lama untuk mendapatkan DP tersebut. Untuk mendapatkan rumah impian dengan DP besar tersebut perlu waktu menabung yang tentunya lebih lama dibandingkan membeli rumah dengan DP yang kecil. Hal ini membuat target pengumpulan membeli rumah bisa lebih lama dan harus terus hidup hemat bahkan juga mengambil pekerjaan tambahan untuk mengumpulkan DP besar tersebut.

Sedangkan bagi yang memutuskan untuk mengambil DP dengan besaran kecil juga mempunyai keunggulan dan kekurangan yang dipunyai untuk menghitung KPR. Adapun untuk keuntungan dengan DP kecil ini adalah bisa membantu Anda untuk mendapatkan rumah dengan lebih cepat. Bagi yang mempunyai gaji kecil, tidak perlu menabung lama untuk mendapatkan rumah impian. Karena DP yang dibutuhkan juga bisa terkumpul lebih cepat. Sehingga hal ini akan sangat membantu bagi yang mempunyai gaji kecil dan menengah untuk mendapatkan atau mengajukan KPR dengan DP yang cukup lebih cepat.

Sedangkan untuk kekurangan apabila mengambil DP dengan nominal yang kecil adalah:

  • Kekurangan pertama adalah dengan mempunyai cicilan bulanan yang membuatnya lebih besar. Dengan memberikan DP yang kecil, maka kekurangan pembelian rumah tersebut juga akan lebih besar. Oleh karena itulah hal tersebut membuat cicilannya mempunyai bunga yang semakin besar.
  • Kekurangan lainnya adalah akan membuat cicilannya dapat dilakukan dalam waktu lebih lama. Apabila mengambil cicilan yang kecil, hal tersebut membuat tenor yang ditawarkan juga lama yang membuat Anda perlu membayar cicilan dalam waktu lama. Bahkan juga ada yang bisa baru lunas KPR belasan hingga puluhan tahun.

Dengan beberapa pertimbangan di atas bisa diperhatikan untuk menghitung kalkulator DP dengan DP yang kecil atau besar. Selain itu juga perhatikan tempat terbaik yang menawarkan keunggulan lainnya yaitu keamanan, bunga rendah, dan bisa mengajukan mudah secara online. KPR BCA  merupakan produk KPR terbaik yang menawarkan banyak pilihan developer dan agen properti yang terpercaya sehingga menyediakan banyak pilihan rumah dengan DP beragam.

Sumber: https://www.bca.co.id/id/Individu/produk/pinjaman/KPR/KPR-First