Kenapa Bali Disebut Pulau Dewata

Jika menyebut Pulau Dewata sudah pasti identik dengan provinsi Bali yang mayoritas penduduknya merupakan pemeluk agama hindu. Ternyata ada beberapa alasan kenapa bali disebut Pulau Dewata, yaitu antara lain sebagai berikut.

Kenapa Bali Disebut Pulau Dewata

Pulau Dewata merupakan julukan ikonik untuk Provinsi Bali yang terkenal memiliki banyak wisata menarik. Julukan ini menjadi branding tersendiri untuk Pulau Bali yang membuat orangĀ  penasaran. Penjelasan berikut ini akan menjawab rasa penasaran Anda mengapa Bali disebut Pulau Dewata.

Alasan Bali Dikenal sebagai Pulau Dewata

Hal utama yang membuat Bali dijuluki sebagai Pulau Dewata adalah karena mayoritas penduduknya memeluk agama Hindu yang memegang ajaran Sang Hyang Widhi. Dalam ajaran tersebut setiap dewa mempunyai tugas nya masing-masing.

Dewata memiliki arti para dewa sesuai dengan yang ada dalam ajaran hindu. Kata dewata ini menunjukkan ke dewa dan dewi. Semua dewa dan dewi yang ada turut menjaga seluruh unsur dalam kehidupan manusia.

Bali Pulau Seribu Pura

Selain harus mengetahui kenapa Bali disebut Pulau Dewata, Anda juga perlu mengetahui mengapa provinsi ini dijuluki seribu pura. Bali memiliki banyak Pura yang merupakan tempat ibadah umat Hindu di Pulau ini.

Setiap dewa dan dewi memagang peranan dalam mengatur unsur alam di bumi yang mengatur kehidupan manusia. Dalam agama Hindu sendiri dikenal tiga dewa, antara lain Dewa Baruna, Dewa Bayu, dan Dewa Agni.

Bali Sudah Populer Sebelum Indonesia Merdeka

Sebenarnya Bali sendiri sudah dikenal sejak zaman Hindia Belanda terutama saat 1920 sampai 1930 an. Zaman dahulu Bali dikenal sebagai daerah yang susah ditaklukkan, sehingga pada abad ke-19 dikenal sebagai ancaman.

Akan tetapi, setelah itu Hindia Belanda mulai mengakui banyaknya potensi wisata yang ada di Pulau Bali. Apalagi setelah perkembangannya hingga saat ini Pulau Dewata Bali sudah banyak berkembang terutama di bidang wisatanya.

Sudah paham bukan kenapa Bali disebut Pulau Dewata? Akan ada banyak hal menarik yang Anda temukan saat berkunjung ke Pulau Bali terutama dalam bidang wisatanya. Jika ingin menemukan banyak informasi menarik lainnya bisa langsung ke Dieselpunks.org untuk mendapat berita akurat.