Peluang Fintech Syariah di Indonesia

Industri keuangan berbasis syariah tengah mengalami perubahan pesat dengan kehadiran fintech syariah. Menurut berita fintech Indonesia, hal ini membuka peluang fintech syariah di Indonesia untuk bisa berkembang dengan lebih cepat dan efisien daripada produk layanan keuangan yang lain.

Peluang Fintech Syariah

Hal ini karena layanan fintech syariah mempunyai peluang besar yang tidak dimiliki industri keuangan yang lain. Beberapa peluang tersebut diantaranya :

1. Mampu Mendorong Inklusi Keuangan Pada Masyarakat

Dengan hadirnya fintech syariah, masyarakat bisa didorong untuk memperoleh akses produk syariah menggunakan ponsel dengan mudah.

2. Kemudahan Masyarakat Perkotaan dalam Membuka Rekening

Fintech syariah bisa mempermudah para warga di perkotaan yang mempunyai aktivitas padat serta tidak mempunyai banyak waktu untuk ke bank ketika jam kerja. Aplikasi ponsel yang ada bisa menjadi solusinya.

3. Pembayaran Praktis dan Mudah

Fintech syariah pada bidang payment membantu pembayaran non tunai dengan praktis dan mudah menggunakan NFC dan Pay by QR sebagai alternatif yang aman. Selama ini, umumnya pembayaran dilakukan dengan mesin dan kartu namun hadirnya aplikasi fintech syariah tentu sangat membantu.

4. Kemudahan Donasi dan Investasi

Peluang fintech syariah di Indonesia terbilang cukup besar karena fintech syariah pada bidang P2P lending memudahkan para calon investor serta pihak yang memerlukan dana untuk bertransaksi secara transparan, praktis dan mudah melalui platform P2P.

5. Membantu Pengelolaan Keuangan

Kecerdasan keuangan merupakan suatu wawasan cukup penting dalam kehidupan. Akan tetapi, masih sedikit masyarakat yang mempunyai wawasan memadai untuk mengelola keuangan. Dengan hadirnya fintech syariah bisa membantu masyarakat dalam mengelola keuangan secara praktis.

6. Kegiatan Sesuai Prinsip serta Nilai Syariah

Kemudahan fintech syariah secara umum sama dengan fintech konvensional, hanya saja value proposition utama fintech syariah terdapat jaminan aktivitas usaha berdasarkan nilai serta prinsip syariah.

Demikian beberapa hal yang perlu anda ketahui tentang peluang fintech syariah di Indonesia. Diharapkan hadirnya fintech syariah bisa membantu mengembangkan industri finansial berbasis syariah yang aman, praktis dan halal karena tergolong bebas dari riba.