Pengertian Fintech, Manfaat, dan Fungsinya

Fintech merupakan sebuah inovasi yang berasal dari perkembangan teknologi yang ada dalam dunia finansial. Dengan begitu, maka fintech pun bisa membantu sekaligus mempengaruhi kebiasaan dari transaksi masyarakat untuk menjadi lebih efektif. Fintech juga lebih memudahkn akses terhadap produk keuangan dan meningkatkan literasi keuangan.

Manfaat Fintech

Dari pemanfaatan teknologi yang digabungkan dengan sistem finansial, tentunya kan mendukung inklusi dari keuangan Indonesia. Berikut ini adalah beberapa manfaat dari fintech yang perlu Anda ketahui.

  1. Kemudahan Layanan Finansial

Manfaat paling utama dari fintech adalah kemudahan layanan finansialnya. Beberapa tahun lalu, pembayaran masih biasa menggunakan uang tunai, namun saat ini sudah menggunakan uang elektronik.

Dengan begitu, maka banyak sekali benefit yang bisa Anda dapatkan dari menggunakan fintech ini. Kehadiran fintech ini bisa memaksimalkan segala bentuk pembayaran melalui smartphone.

  1. Membantu UKM Mendapatkan Modal Usaha

Total dari UKM yang ada di Indonesia adalah 59,2 juta. Dari total tersebut, sebanyak 8 persen sudah bisa memanfaatkan platform online untuk memasarkan produknya. Artinya, masyarakat sudah mulai sadar bahwa dengan perkembangan yang terus berjalan juga memerlukan SDM yang berkembang.

Fintech merupakan solusi yang paling tepat untuk masyarakat yang ingin mengembangkan UKM miliknya. Dengan banyaknya fintech yang memberikan kemudahan pinjaman ini tentunya akan memberikan bunga yang relatif lebih rendah dari perbankan.

  1. Mendukung Inkluasi Keuangan

Fintech merupakan salah satu jawaban untuk membantu pemerintah dalam mencapai target inklusi keuangan. Hal ini dikarenakan dengan adanya fintech, maka semua bisa melakukan proses transaksi finansial selama Anda memiliki koneksi internet. Dengan begitu, maka Anda akan sangat mudah untuk menggunakan layanan dari fintech ini.

Pemerataan inklusi keuangan ini bisa menjangkau masyarakat yang tidak mampu dijangkau oleh perbankan konvensional. Oleh karena itu, fintech akan membantu membuat masyarakat yang tinggal di daerah bisa merasakan proses transaksi yang jauh lebih mudah dan efisien dengan fintech.

Agar Anda bisa lebih memahami apa itu Fintech Indonesia, maka Anda bisa mencari informasi legkapnya melalui Dunia Fintech. Mengapa harus Dunia Fintech? Karena Dunia Fintech merupakan wadah informasi yang berisikan tentang fintech secara lebih lengkap dan lebih luas.