Tips Memilih Kertas A4 Agar Sesuai Kebutuhan

Kertas merupakan salah satu kebutuhan utama di bidang percetakan dan sering digunakan untuk administrasi kantor, sekolah, pribadi, dan lain sebagainya. Penting untuk mengetahui tips memiilh kertas A4 agar bisa sesuai dengan kebutuhan jenis naskah atau dokumen yang dicetak.

Tips Memilih Kertas A4

Kertas dengan ukuran A4 termasuk tipe yang paling banyak digunakan untuk mencetak berbagai jenis dokumen dan biasanya tersedia di lokasi cetak buku terpercaya. Selain digunakan untuk mencetak, kertas ini juga sering dipakai untuk mencatat, menggambar, fotokopi, dan lainnya.

1. Memperhatikan Merek Kertas

Berbagai merek kertas HVS dengan ukuran A4 banyak beredar di pasaran dan Anda bisa memilih sesuai kebutuhan. Setiap merek tentu memiliki karakteristik tersendiri dengan keunggulan masing-masing. Ada brand yang menawarkan harga mahal hingga murah dengan kualitas di bawah rata-rata.

Kertas HVS dengan ukuran A4 21,0 x 29,7 cm cocok digunakan untuk mencetak dokumen seperti skripsi, tugas atau makalah, jurnal penelitian, materi sekolah, dan lain sebagainya.

2. Memilih Warna Sesuai Kebutuhan

Kertas HVS selama ini lebih banyak identik dengan warna putih, padahal banyak warna lainnya yang beredar di pasaran yakni hijau, merah muda, kuning, biru, dan hitam. Warna putih lebih sering digunakan untuk penggunaan formal seperti perjanjian kerja sama, cetak data, dan lainnya.

Sementara itu, untuk kertas HVS dengan warna yang beragam biasanya lebih sering digunakan untuk lampiran, sampul bagian depan data, dan lainnya.

3. Mempertimbangkan Ketebalan

Ketebalan kertas HVS cukup beragam mulai dari 60 gsm hingga 150 gsm. Namun, yang sering digunakan untuk mencetak data biasanya adalah 70 gsm atau 80 gsm. Semakin besar angka gramasi kertas tersebut, maka semakin tebal dan umumnya sering digunakan untuk mencetak dokumen penting.

Sedangkan kertas yang gramasinya kecil memiliki ketebalan tipis dan banyak digunakan untuk mencetak data harian untuk laporan, fotokopi, dan lainnya.

Anda bisa mengikuti beberapa tips memilih kertas A4 di atas sebelum memutuskan jenis kertas apa yang akan digunakan. Namun, pastikan untuk mencari tahu terlebih dahulu harga per lembarnya untuk mengecek apakah sudah sesuai budget atau belum.